Penerapan Konsep "Pendidikan Holistik Berbasis Karakter"
Metode Pendidikan 9 Pilar Karakter
Pilar 1 Karakter
Setiap tema Pliar Karakter diatur untuk dapat diterapkan selama 2 sampai 3 minggu mesing-masing tema Pilar terdiri dari berbagai macam contoh kegiatan praktis bagi para pendidik yang terfokus pada metode : knowing the good, feeling and loving the good and acting the good.
9 Pilar Karakter tersebut adalah :
1.Cinta Tuhan dan segenap ciptaanNya (love Allah, trust, reverence, loyalty)
6.Percaya Diri, Kreatif dan Pekerja keras (confidence, assertiveness, creativity, resorcefulness, courage, determination, enthusiasm)
7.Kepemimpinan dan Keadilan (justice, fairness, mercy, leadership)
8.Baik dan Randah Hati (kindess, friendliness, humility, modesty)
9.Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan (tolerance, flexibility, peacefulness, unity)
Disamping 9 Pilar Karakter di atas, Paud Terpadu TITAH BUNDA juga mengembangkan materi untuk mengajarkan kebersihan, kesehatan, kerapian, dan keamanan (K4) pada anak.
Metode yang digunakan disebut Sebagai ”Refleksi Rutin” atau Apperception Setiap pagi anak-anak diminta untuk mengikuti kegiatan refleksi Pilar selama 15-20 menit sesuai dengan Pilar yang sedang diterapkan saat itu. Pemberian waktu khusus untuk refleksi memberikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan secara verbal pengetahuannya, kecintaannya dan bagaimana seharusnya mereka bertindak sesuai pilar.
0 komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa tinggalkan komentar ya..!!!